Cari Blog Ini

Senin, 03 Juni 2013

MENGENAL PERIPHERAL KOMPUTER

Pengertian Peripheral komputer



Peripheral yaitu perangkat tambahan atau alat bantu untuk komputer agar kinerjanya lebih optmal, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
 

Macam-macam peripheral komputer

Berdasarkan kegunaannya periferal terbagi dua yaitu :

1. Periferal utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.

2. Periferal pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:

1. Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya

2. Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

Berikut ini adalah macam-macam perangkat peripheral komputer berserta fungsinya:

Keyboard



Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2.
Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :

1. QWERTY 





  2. DVORAK





3. KLOCKENBERG








MOUSE


Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi.


PRINTER


Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.





PLOTTER


Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.





SCANNER



Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi). Scanner terbagi :




Finger scan : jenis scanner yang berfungsi memindai sidik jari seseorang secara elektronik.
        Retina scan : jenis scanner yang berfungsi mengidentifikasi retina seseorang.
Barcode :  jenis scan yang berfungsi mengkonversi data barcode menjadi signal digital guna mempercepat pemasukan data transaksi penjualan.




EXTERNAL ZIP DRIVE



Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Iomega.




EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE


Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook.




TAPE DRIVE


Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.






MICROPHONE DAN SPEAKER




Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasilrekan yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.








JOYSTICK


Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.







JOYPAD/GAMEPAD



Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.






KAMERA



Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.
Badan Kamera
Ruangan yang kedap cahaya namun merupakan satu satunya tempat yang merupakan jalan masuk sebuah cahaya. Setelah menempati badan kamera, cahaya akan difokuskan oleh lensa agar dapat membakar film. Di dalam badan kamera biasanya terdapat tombol pengatur, yaitu :

  • Aperture (pengaturan diafragma)
  • Shutter Speed
  • Blitz
  • Tripod
  • Lightmeter
  • Pengaturan ISO / ASA Film
Sistem Lensa
Di dalam kamera, system lensa biasanya di taruh di depan kotak. System ini terdiri dari sebuah lensa tunggal yang terbuat dari plastic atau kaca. Proses menghalangi cahaya ini di simbolkan dengan huruf F, semakin besar maka semakin kecil tingkat penghalangnya.
Macam-macam kamera di lihat dari jenis lensanya adalah
Lensa sudut besar
Kamera jenis ini mempunyai jarak focus yang paling kecil. Lensa yang menggunakan film 35 milimeter disebut lensa sudut besar, sedangkan 135 milimeter di sebut dengan lensa telefoto
Lensa Sudut Kecil
Kamera jenis ini mempunyai jarak focus yang paling besar diantara ketiga jenis kamera ini.
Lensa Variabel
Kamera jenis ini memiliki jarak Fokusnya dapat di ubah-ubah, disesuaikan dengan kebutuhan. Lensa akan memfokuskan cahaya. Di dalam sini, lensa akan dikelompokkan sesuai dengan focal length, yang dapat mempengaruhi besarnya komposisi gambar yang akan di hasilkan. Masyarakat awam mengenalnya dengan istilah zoom
Pemantik Potret
Tombol ini biasanya diletakkan di belakang lensa . beberapa kamera menyediakan mekanisme dengan pengaturan waktu yang digunakan untuk merubah ubah sesuatu yang merupakan bukaan shutter. Beberapa pengguna kamera beranggapan bahwa sebuah kamera selalu mempunyai shutter speed yang bisa dipakai.
Sebuah kamera mempunya mekanisme memutar film agar setiap bagian film dapat dipisahkan antar objek yang berlainan. Sebuah kamera juga mempunyai Range finder yang dapat menunjukkan apa saja yang sudah di potret. Namun semua itu tergantung kepada jenis kamera. Jika jenis kameranya adalah kamera poket biasanya tidak memiliki salah satu komponen di atas.
Berdasarkan ukuran, film dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu :
  • Small format (35 mm)
  • Medium format (100 – 120 mm)
  • Large format (lebih dari 120 mm)
Berdasarkan jenis bahan dan sensitivenya, film dapat dibedakan menjadi :
  • Film hitam putih
  • Film infra merah
  • Film warna
  • Film tungsten
  • Film negative
  • Film positif
  • Film daylight
Terdapat juga kamera Polaroid, yang langsung memberikan gambaran positif, sehingga pengguna tidak perlu melakukan proses cuci cetak film. Kamera digital, kamera seperti ini yang sekarang sering digunakan. Kamera jenis ini bekerja tanpa menggunakan sebuah film.
Keuntungan dari menggunakan kamera digital adalah pengguna tidak perlu membidik sebuah objek melalui jendela karena sudah menggunakan layar LCD yang terdapat di belakang layar LCD.
Berdasarkan mekanisme kerja, kamera terdiri dari :
Kamera Single Lens Reflect
Kamera ini memiliki cermin datar yang ada di belakang lensa. Sehingga apa pun objek yang dilihat oleh pemotret adalah apa yang di tangkap oleh film.
Kamera Instan
Memiliki mekanisme otomatik berdasarkan pengukur cahaya. Lebar diafragma dan kecepatan pemetik potret akan otomatis di atur.


EXTERNAL MODEM


Modem external dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.







Langkah-langkah Perbaikan dan Perawatan Peripheral Komputer.

 




Peripheral-peripheral yang terdapat pada PC anda membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap optimal dan perbaikan agar peripheral tersebut bias kembali seperti semula,Nnamun sebelum melakukan perbaikan maupun perawatan peripheral kita harus mengetahui kerusakan(mendiagnosa)dan permasalahan yang terjadi pada peripheral tersebut.Dibawah i ini  adalah bebrapa cara perawatan dan perbaikan peripheral:
 
Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu :
(1) Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnyakeyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”.  Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi hal seperti tersebut diatas, yang perlu dilakukan adalah :
- Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telahtertancap dengan benar ke CPU.
- Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat.
- Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masihmuncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.
- Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwakeyboardnya yang rusak.
- Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.
(2) Masalah kedua terjadi pada tombol keyboard
Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet.
Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.

Mouse
Masalah yang sering terjadi:

1. Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenal oleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Pesan kesalahan tersebut adalah seperti berikut ini :
1) Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik. Untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan:
A. Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.
B. Setelah itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa selanjutnya.
2) Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui device manager.
Solusi dan langkah yang dilakukan :
1) Klik kanan My Computer pada desktop windows
2) Pilih properties>>Hardware>>Device Manager.
3) Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab.
4) Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove.
Setelah itu restart ulang komputer. Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse rusak. Atau kemudian coba dengan mouse yang lain apakah terjadi hal yang sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 nya yang rusak.
2. Pointer di layar tidak bergerak walaupun mouse sudah digerakkan.
1) Kemungkinan 1 : Konektor mouse renggang
Cara mengatasi : Pastikan konektor terpasang dengan benar pada konektor motherboard di belakang casing.

2) Kemungkinan 2 : Kabel mouse putus

Cara mengatasi : Ganti dengan kabel mouse yang lain/baru atau solusi terakhir ganti dengan mouse baru.

3) Kemungkinan 3 : Apakah driver sudah cocok?

Cara mengatasi : Install ulang driver mouse dan ambil pilihan standart mouse sesuai jenis konektor yang digunakan apakah Serial, PS2 atau USB
3. Pointer bergerak tidak normal atau hanya bergerak horizontalatau vertikal.
1) Kemungkinan 1 : Disebabkan oleh kotoran yang menempel pada roller yang menyebabkan bola tidak menggelinding dengan normal (untuk mose bola)
Cara mengatasi : Bersihkan bantalan kotoran yang terdapat pada roller sensor. Bersihkan bola dengan air panas.
2) Kemungkinan 2: Kabel pangkal pada kepala mouse putus atau sensor optik sudah melemah (untuk mouse optik)
Cara mengatasi : Gerak-gerakkan kabel yang terdapat pada ujung kepala mouse dan memastikan jika lampu sensor masih hidup dengan terang.
Jika solusi yang diberikan di atas tidak berhasil mouse harus diganti dengan yang baru.
4. Pointer mouse yang sering meloncat-loncat
Masalah lain yang sering muncul adalah pointer mouse yang meloncat-loncat secara acak sehingga pemakai kesulitan untuk menggunakan mouse secara tepat dan presisi. Pada kondisi ini, kemungkinan yang paling besar disebabkan karena kotornya komponen bola mouse. Karena komponen bola tersebut banyak bersentuhan dengan mouse pad yang tidak selalu bersih.
Langkah untuk mengatasinya adalah:
1) Buka penutup bola mouse di bagian bawah dengan memutarnya 900 derajat.
2) Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas, lalu keringkan.
3) Di bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalamnya.
5. Mouse atau port mouse rusak.
Untuk memastikannya bisa mencoba menukar dengan mouse yang lain. Masalah lain yang sering terjadi adalah tidak berfungsinya mouse sebagaimana mestinya. Ketidak-normalan tersebut adalah :

6. Mouse dikenali namun tidak bisa berfungsi.
Ini dialami oleh mereka yang menggunakan sistem operasi Windows. Mouse hanya tampil berupa kursor, tanda panah atau tanda lain di tengah-tengah layar monitor, dan tidak bisa digerakkan. Hal ini bisa disebabkan oleh karena mouse yang rusak atau device driver yang ada tidak sesuai.
Solusinya : dengan me-remove device driver dari Device Manager, kemudian deteksi lagi keberadaan mouse. Jika mouse terdeteksi tetapi tetap tidak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan mousenya yang msak.
7. Mouse berjalan tersendat-sendat atau kursor melompat-lompat.
Solusi: cobalah perbaiki device driver mouse atau atur kecepatan mouse pada item mouse dari [Control Panel], yaitu pada tab [Motion], dari [Mouse properties]. Jika belum bemasil. cobalah buka dan bersihkan tempat bola mouse.
8. Jika tombol mouse tidak merespon dengan baik,
Solusi: cobalah atur melalui fasilitas pengaturan kecepatan klik mouse pada item mouse dari [Control Panel], pada tab [Button] dari [Mouse Properties]. Selain itu coba bersihkan tombol mouse dengan bantuan cairan contact cleaner.
Perawatan mouse
1) Jenis mouse optik tidak memerlukan perawatan yang berat, kecuali menjaga mouse agar tidak terkena air atau kabel terputus.
2) Mouse jenis bola memerlukan ekstra-perawatan karena di sela-sela pergerakan bola memungkinkan masuknya debu atau kotoran. Sebaiknya, sebulan sekali bola pada bagian bawah mouse dikeluarkan dan roller dibersihkan dari kotoran yang pasti sudah menggumpal.
3) Pilih bahan yang keras untuk mousepad, misalnya plastik. Jangan menggunakan bahan kain karena akan mempermudah debu dan kotoran menempel.


PRINTER

Setelah mengetahui jenis - jenis printer, kini kita lanjut dengan cara merawat printer. Pasti kalian ingin printer di rumah atau di kantor anda tetap terjaga atau awet. Langsung aja kita lihat gimana sih langkah - langkah merawat printer itu?? Berikut adalah cara merawat perinter anda :
1. Gunakan printer secaraperiodik
Agar kualitascetakantetap optimal, gunakanlah printer Andasecaraperiodiksedikitnya 2-3 kali seminggu. Hal iniakanmembuatalirantintadarilubangtetaplancar.

2. Matikacn printer saattidakdigunakan
Janganlupauntukselalumematikan printer jikatidakdigunakan. Hal iniakanmencegahmenutupnyalubang-lubangalirantintadalamkepala printer.

3. Bersihkankotoran yang adadalam printer
Setiapsatuatauduaminggu, bersihkanbagiandalam printer. Hal iniperluuntukmenjagakemampuan printer dalammencetak.Jangansimpan printer di tempat yang berdebuataupenuhserangga.Bilaperlu, bungkus printer denganplastik agar terhindardarikotoran.

4. Jagalahkondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhipenghubunglistrik yang halusdanakanberpengaruhpadahasilcetakan, perlakukanlahselalu cartridge denganhati-hati. Termasuksaatmenggantitinta.

5. Gunakan Diagnostic Tools
Umumnyaseluruh printer memilikiperangkatlunakmengenaibagaimanamerawatataumengatasipermasalahanmengenai printer tersebut.Pelajarisofwaretersebutkarenamungkinsajainformasi yang disediakanbisamenolongAndamengatasipermasalahandalam printer.

6. Matikan printer jikagagalmencetak
Terkadang, kegagalandalammencetakbisadiatasidenganmematikantombol printer, kemudianmencabutkabeldaya. Setelahsepuluhmenit, masukkanlagikabeldayatersebutpadacolokannya, nyalakan printer dancobalahmencetakkembali.

SCANNER
Masalah-1  
 Gambar Hasil Scan Kabur
Proses scan berjalan dengan lancar dan seolah-olah tidak terjadi masalah pada scannerTetapi setelah anda melihat hasilnya,gambar hasil scan terlihat tidak jelas dan kabur seperti terkena efek blur.Jangan terlalu pusing untuk masalah seperti ini,ada beberapa hal yang dapat anda ikuti untuk mengembalikan scanner anda pada posisi normal.
Solusi :
Berikut tips yang dapat anda coba:
Jika gambar terlihat kabur,anda dapat men-set resolusi display-nya ke High Color (16-bit),selanjutnya biarkan scanner melakukan pemanasan (warming up) selama beberpa menit.
Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari Scanner anda,terutama jika anda jarang mengguakan Scanner.Karena jika Scanner anda kotor akan mengakibatkan hasil scanner juga kurang memuaskan,bahkan cenderung mengakibatkan mesin Scanner mudah rusak.
Anda dapat mempergunakan kain yang lembut untuk membersihkan pada bagian kacanya,pastikan membersihkan dengan hati-hati.Masalah-2
Koneksi ke scanner gagal

Masalah  : koneksi ke scanner untuk melakukan proses scan biasanya muncul kesalahan  “Scanner access failed” hingga gagal prose scan.
Solusinya : ketika anda akan mengoperasikan scanner dan tiba-tiba muncul pesan tersebut maka kemungkinan besar penyebabnya adalah scanner yang belum terkoneksi  secara hardware kekomputer. biasa disebabkan karena card SCSI interface tidak terpasang dengan benar. maka akan menganggu hubungan antara scanner dan card
perlu juga di ingat bahwa waktu menghidupkan komputer, perangkat scanner harus di hidupkan terlebih dahulu. proses booting akan mendeteksi dan mencari koneksi komputer ke scanner. tetapi proses itu di abaikan jika scanner nya belum nyala.

Masalah-3
Gambar belang sebelah 

Jika gambar hasil scan memiliki belang berwarna kuning, biru, merah, atau lainnya, bisa jadi disebabkan oleh scanner yang terlalu lama dinyalakan. Lebih baik scanner-nya dimatikan dulu selama beberapa saat sampai dingin, lalu gunakan lagi untuk men-scan.

CARA MERAWAT SCANNER:
Berikut ini adalah tips agar scanner anda tetap baik dan tidak ada masalah pada scanner anda, tips/caranya yaitu :
-Bersihkan bagian luar scanner dengan kain lembut, hindari penggunaan kain yang kasar, karena bisa menimbulkan goresan.
-Jangan menggunakan campuran acetone, bensin, atau karbon tetrakhlorida pada permukaan kaca dari scanner. Hal ini bisa merusak lapisan kacanya.
-Jangan menggunakan bahan yang mengandung alkohol isoprofil pada bagian kaca tersebut, karena meninggalkan noda dan membuat buram kacanya.
-Matikan scanner, dan cabut colokan listriknya. Buka tutup covernya, bersihkan lapisan kacanya dengan kain yang lembut, yang bisa dibubuhi pembersih kaca yang ringan.Bubuhkan pembersih tersebut pada kain terlebih dahulu, jangan langsung ke kacanya. Lalu, sekalah perlahan-lahan dengan kain lembut yang bersih.
-Setiap kali selesai menggunakan scanner, bila tidak dipakai dalam waktu lama, sebaiknya adaptornya dicabut, agar tidak panas. Atau ditambah tombol On/Off di colokannya.
       -Biasakanmenggunakan cover untuk scanner saatselesaimenggunakanalattersebut.

KAMERA.

Permasalahan Kamera :
Kamera tidak mau menyala. Penyebab paling umum dari masalah ini adalah baterai. Baterai dapat dikeringkan, dimasukkan tidak benar, memiliki kontak logam kotor, atau rusak. Pastikan baterai terisi penuh. Pastikan baterai bebas dari kotoran dan partikel yang dapat mengganggu kontak logam.Selain itu, apakah Anda menjatuhkan kamera baru-baru ini? Jika demikian, Anda mungkin telah mengetuk baterai longgar. Beberapa kamera tidak mau hidup jika kait baterai yang longgar.
Kamera tidak akan merekam foto. Pastikan Anda memilih modus fotografi dengan kamera Anda, bukan mode pemutaran atau modus video. Jika daya baterai kamera Anda rendah, kamera mungkin tidak dapat untuk merekam foto.Selain itu, jika internal memori kamera Anda atau daerah Anda kartu memori penuh, kamera tidak akan merekam foto lagi.Dengan beberapa kamera, perangkat lunak internal hanya memungkinkan sejumlah foto yang akan direkam pada kartu memori tunggal karena bagaimana angka-angka perangkat lunak setiap foto. Setelah kamera hits batasnya, tidak akan menyimpan foto lagi. (Masalah ini lebih mungkin terjadi ketika sebuah kamera yang lebih tua dipasangkan dengan kartu, memori baru yang besar.)
LCD kosong Beberapa kamera mengandung “monitor” tombol, yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan LCD dan mematikan;. Pastikan Anda tidak sengaja menekan tombol ini.Jika daya modus hemat kamera Anda diaktifkan, LCD akan kosong setelah jangka waktu tertentu tidak aktif. Anda dapat memperpanjang jumlah waktu sebelum kamera masuk ke mode penghematan daya – atau Anda dapat menonaktifkan mode hemat daya – melalui menu kamera.Ada juga kemungkinan kamera telah terkunci, meninggalkan LCD kosong. Untuk mengatur ulang kamera, keluarkan baterai dan kartu memori selama 10 menit sebelum mencoba untuk menyalakan kamera lagi.
LCD sulit untuk melihat. Beberapa LCD yang sangat sulit untuk melihat di sinar matahari langsung. Cahaya dari LCD membuat hampir tidak mungkin untuk melihat gambar.Cobalah membuat bayangan atas LCD dengan menggunakan tangan Anda untuk membuat LCD lebih mudah untuk melihat di sinar matahari langsung. Atau, jika kamera Anda memiliki jendela bidik, menggunakannya untuk membingkai foto Anda dalam terang sinar matahari, daripada menggunakan LCD.Beberapa kamera memungkinkan Anda untuk mengatur kecerahan LCD, yang berarti kecerahan mungkin itu LCD telah beralih ke pengaturan terendah, meninggalkan redup LCD. Ulang kecerahan LCD melalui menu kamera.Ada juga kemungkinan LCD hanya kotor. Gunakan kain microfiber kering dengan lembut membersihkan LCD.
Kualitas foto yang Jelek. Jika Anda mengalami kualitas foto miskin, itu bukan mengingat bahwa masalah terletak pada kamera. Anda dapat meningkatkan kualitas foto dengan menggunakan lampu lebih baik, framing yang tepat, mata pelajaran yang baik, dan fokus yang tajam.Jika kamera Anda memiliki kecil built-in unit flash, Anda mungkin berakhir dengan hasil buruk di situasi cahaya rendah . Pertimbangkan penembakan dalam mode otomatis penuh untuk memungkinkan kamera untuk membuat semua pengaturan, memastikan Anda memiliki kesempatan terbaik untuk menciptakan foto tersingkap baik. Shooting pada resolusi lebih tinggi tidak menjamin foto yang lebih baik, tetapi bisa membantu.Pastikan lensa sudah bersih , seperti bintik-bintik atau debu pada lensa dapat menyebabkan masalah kualitas citra. Jika Anda menembak dalam kondisi cahaya rendah, gunakan tripod atau menggunakan kamera stabilisasi gambar fitur untuk mengurangi goyangan kamera, yang menghasilkan foto yang buram. Jika tidak, mencoba bersandar di dinding atau kusen pintu untuk menenangkan diri dan menghindari kamera goyang.Akhirnya, beberapa kamera tidak berfungsi dengan baik, terutama jika mereka model lama yang telah jatuh waktu atau dua . Pertimbangkan upgrade peralatan kamera Anda, jika Anda sudah muak selama beberapa tahun dan jika kualitas gambar tiba-tiba berkurang setelah setetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar